Posted by : bagus Selasa, 12 November 2013

Tulisan 2
Alasan Banyak Terjadinya Urbanisasi di Indonesia
Urbanisasi itu sendiri adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Di indnesia banyak terjadi urbanisasi, arus urbanisasi di Indonesia sangat lah tidak terkendali. Jumlah penduduk yang datang ke perkotaan yang sangat besar tidak mungkin dapat ditampung oleh sector formal akibatnya sector formal berkembang sangat pesat seiring perkembangan ekonomi nasional yang tepat.
Banyak faktor penyebab adanya urbanisasi adalah  karena adanya faktor utama yang klasik yaitu kemiskinan di daerah pedesaan. Faktor utama ini melahirkan dua faktor penyebab adanya urbanisasi yaitu:
A. Faktor Penarik Terjadinya Urbanisasi
1.     Kehidupan kota yang lebih modern
2.     Sarana dan prasarana kota lebih lengkap
3.     Banyak lapangan pekerjaan di kota
4.     Pendidikan sekolah dan perguruan tinggi lebih baik dan berkualitas
B. Faktor Pendorong Terjadinya Urbanisasi
1.     Lahan pertanian semakin sempit
2.     Merasa tidak cocok dengan budaya tempat asalnya
3.     Menganggur karena tidak banyak lapangan pekerjaan di desa
4.     Terbatasnya sarana dan prasarana di desa
5.     Diusir dari desa asal
6.     Memiliki impian kuat menjadi orang kaya
factor atau alasan banyak terjadinya urbanisasi di Indonesia pada garis besarnya adalah faktor ekonomi dan lapangan pekerjaan di pedesaan sangat lah minim, karena factor itulah penyebab tingkat urbanisasi di Indonesia semakin tidak terkendali, dan di perparah pembangunan nasional yang tidak merata.

Semakin mendorong masyarakat utuk hijrah dari desa keperkotaan dengan tujuan memperbaiki perekonomian mereka walaupun dengan modal yang tidak sebanding dan Untuk mendapatkan suatu niat untuk hijrah atau pergi ke kota dari desa, seseorang biasanya harus mendapatkan pengaruh yang kuat dalam bentuk ajakan, informasi media massa, impian pribadi, terdesak kebutuhan ekonomi, dan lain sebagainya

Pertumbuhan penduduk di Indonesia 10 tahun terakhir
Menurut publikasi BPS pada bulan Agustus 2010, jumlah penduduk Indonesia berdasarkan hasil sensus ini adalah sebanyak 237.556.363 orang, yang terdiri dari 119.507.580 laki-laki dan 118.048.783 perempuan.
Laju pertumbuhan penduduk di Indonesia pada 10 tahun terakhir mencapai sekitar 1,49 persen atau 4,5 juta jiwa per tahun. Dengan jumlah penduduk sebesar 237,6 juta jiwa tersebut, membuat Indonesia tetap bercokol sebagai negara berpenduduk terbanyak setelah RRC, India dan Amerika Serikat.
Distribusi penduduk Indonesia:
Pulau
Persentase
Pulau Jawa
57,49%
Pulau Sumatra
21,31%
Pulau Sulawesi
7,31%
Pulau Kalimantan
5,80%
Bali dan Nusa Tenggara
5,50%
Papua dan Maluku
2,60%
Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah adalah tiga provinsi dengan urutan teratas yang berpenduduk terbanyak, yaitu masing-masing berjumlah 43.021.826 orang, 37.476.011 orang, dan 32.380.687 orang. Sedangkan Provinsi Sumatera Utara merupakan wilayah yang terbanyak penduduknya di luar Pulau Jawa, yaitu sebanyak 12.985.075 orang.
Rata-rata tingkat kepadatan penduduk Indonesia adalah sebesar 124 orang per km².
Provinsi yang paling tinggi kepadatan penduduknya adalah Provinsi DKI Jakarta, yaitu sebesar 14.440 orang per km². Provinsi yang paling rendah tingkat kepadatan penduduknya adalah Provinsi Papua Barat, yaitu sebesar 8 orang per km².

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Clock

Translate

Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © Bagus's Blog -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan