Posted by : bagus Senin, 22 Juni 2015

Menjadi pemimpin/atasan muda

Image result for young managers

Menjadi menajer muda sangatlah membanggakan, karena Anda berhasil meraihnya di usia muda. Namun tantangan yang harus dihadapi pun semakin banyak. 

  • Menghadapi bawahan 

Memang sangat sulit neghadapi dan mendapatkan rasa hormat dari bawahan terutama yang usianya lebih tua dan sudah berkerja lebih lama di perusahaan tersebut. Namun setidak nya anda dapat membuat langkah yang cerdas dengan segera menganalisa sifat dan kebiasaan seluruh anggota tim atau bawahan, begitu Anda diangkat sebagai manajer. Lalu lakukan pendekatan untuk mengetahui potensi masing-masing. 

Jika ternyata soal usia menjadi isu besar terutama bagi anggota tim yang sudah senior, sebaiknya tetap berkonsentrasi pada pekerjaan Anda, namun tetap harus tahu batas antara percaya diri dan sok tahu. Masalah akan muncul jika Anda merasa tahu segalanya. Kadang, mereka malah sengaja membuat masalah karena merasa tersaingi dengan kehadiran Anda. Daripada berkonfrontasi, lebih baik gandeng dan hargai para senior ini. Anda mungkin lebih pintar dan berpendidikan, namun mereka memiliki pengalaman yang lebih banyak. Mereka bisa menjadi sumber potensial bagi Anda untuk belajar. Gali pengalaman mereka dan kolaborasikan dengan ide-ide baru Anda. Hal ini juga mempermudah Anda untuk mendapat kepercayaan karena Anda tak hanya menganggap mereka sebagai anak buah, tapi juga menghargai keberadaannya.

  • Berkomunikasi

Komunikasi adalah bagian terpenting dalam segala hal, terutama saat bekerja. Anda akan berkomunikasi dengan rekan kerja, bawahan atau pun atasan Anda. Namun bila komunikasi tidak berjalan baik, pekerjaan pun bisa jadi berantakan. Sebenarnya ada lima cara berkomunikasi yang bisa Anda terapkan agar komunikasi berjalan dengan lancar dan baik.
  1. Hindari instruksi secara verbal, jika Anda ingin mengingatkan sesuatu ke teman kerja baiknya tuliskan pada sebuah memo yang berwarna cerah, karena jika tidak hal tersebut bisa saja terlupakan satu jam kemudian.
  2. Meningkatkan komunikasi langsung, seiring berkembangnya teknologi untuk menyampaikan pesan pada rekan kerja, menggunakan fitur pesan singkat jadi solusinya. Jika Anda sering melakukan hal ini, akibatnya komunikasi jadi jarang terjadi. Akibatnya bisa terjadi kesenjangan antara Anda dan rekan kerja.
  3. Mengadakan team building, untuk meningkatkan komunikasi langsung di kantor Anda dapat melakukannya lewat team building. Dalam team building peserta akan mendapatkan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan meningkatkan kedekatan antar peserta.
  4. Menyelesaikan permasalahan yang ada dengan baik-baik, konflik yang terjadi di tempat kerja mungkin adalah hal yang tidak dapat dihindari. Konflik biasanya dimulai dari hal-hal kecil yang kemudian membesar. Cara mengatasinya, Anda bisa mulai mengomunikasikan permasalahan sekecil apapun pada manager Anda agar tidak membesar. Manager juga perlu untuk membuka diri untuk berkomunikasi dengan bawahannya agar tercipta komunikasi yang baik.
  5. Memahami dan menghargai perbedaan budaya, di kantor tentunya ada rekan kerja yang berasal dari berbagai suku, oleh karenanya perbedaan budaya bisa jadi timbul. Dalam kasus ini dibutuhkan komunikasi yang sangat baik antar individu. Jangan sampai perbedaan latar belakang budaya memicu konflik karena permasalahan perbedaan persepsi karena di budaya A seperti ini dan di budaya B seperti itu.

  • Terus belajar

Belajar bukan saat anda menempu pendidikan justru dari luar pendidikan (sekolah/kampus) lebih banyak yang dapat kita ambil sebagai ilmu terutama di lingkungan kantor kita. Jadilah pribadi yang selalu ingin tahu dan mencari informasi-informasi baru. Jangan pernah menghakimi dan berasumsi tentang sesuatu terlalu cepat. Lakukan yang terbaik dan mintalah bantuan bila membutuhkannya. 

  • Menawarkan bantuan

Jadilah seorang manajer muda yang suka menolong. Sikap baik Anda akan melatih dan meningkatkan sikap kepemimpinan Anda di masa depan. Jika ada tugas yang bisa Anda kerjakan, maka tawarkan bantuan untuk menyelesaikannya. Namun hal ini jika anda terlalu berlebihan menawarkan bantuan anda akan di kerjai oleh bawahan anda mereka akan manja dan malas maka anda harus cerdas saat menawarkan bantuan anda.

  • Pola pikir
   Menjadi manajer muda memerlukan pemikiran-pemikiran yang baik demi kemajuan tim. Ada banyak hal yang harus kita lakukan seperti, berpikir Terbuka.Biarkan semua karyawan anda  tahu pola pikir anda. Dan jangan membantah setiap apa yang mereka sarankan bagi anda walaupun itu berbeda dari apa yang anda pikirkan.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Clock

Translate

Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © Bagus's Blog -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan