Posted by : bagus Sabtu, 25 Juni 2016


Peranan Komputer untuk Manusia
Banyak hal yang dapat dilakukan seseorang dengan komputer. Komputer adalah media atau alat bantu untuk mempermudah pekerjaan seseorang baik dalam bidang pendidikan maupun yang lainnya. Selain dapat mengakses informasi dari segala penjuru dunia, komputer juga menyajikan pelajaran yang menarik dan kreatif baik di sekolah, di rumah atau dimanapun anda berada.
Peranan sebuah komputer untuk manusia itu sangat lah banyak,berikut adalah macam – macam peranan komputer untuk manusia:

1.    Komputer sebagai sarana mempermudah kerja.
Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali, selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak dapat diubah  kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengubah dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat diubah berulang-ulang.

2.    Membantu dalam Bidang Kesehatan.
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.
      
            3.      Sebagai Sarana Komunikasi.
Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita. Dengan komputer kita dapat :
·           Berbicara dengan teman atau saudara kita
·           Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam
·           Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating)
·           Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email)
·           Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka dll


            4.      Sebagai Alat Hiburan.
Dahulu alat hiburan kita hanyalah Radio, tape, Televisi dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah. Dengan komputer kita dapat mengghibur dirikita dengan berbagai  fasilitas yang terdapat pada komputer antara lain :
·           Mendenar lagu-lagu atau musik melalui CD/DVD atau melalui Internet.
·           Menonton Video lewat kaset CD/DVD atau melalui Internet.
·           Bermain Game, dengan aplikasi game yang kita Install sendiri atau Game online dengan Internet.
·           Berhubungan dengan teman melalui fasilitas Chating, atau Webcam.
·           Nonton TV, dari saluran TV Reciver yang kita pasang pada komputer atau melalui TVChanel Online dengan Internet.

            5.      Sebagai Alat Pendidikan.
Dahulu fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui Sekolah, dan selain di sekolah informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media Radio, Televisi, Koran, dan tempat-tempat kursus. Dengan menggunakan Komputer yang terhubung dengan Internet ataupun tidak kita dapat memperoleh pendidikan dan Ilmu pengetahuan. Komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena memiliki kelebihan dari media pembelajaran yang lain (Gagne dan Briggs dalam Santoso 2000).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © Bagus's Blog -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan