Posted by : bagus Sabtu, 25 Juni 2016

Dampak Komputer terhadap Perkembangan Bisnis

Komputer adalah sebuah perangkat untuk menyelesaikan suatu tugas. Komputer terdiri dari pengguna, perangkat Lunak dan perangkat keras. Komputer dapat digunakan oleh siapapun dari yang tua hingga yang muda.  Awalnya komputer digunakan untuk menyelesaikan tugas saja. Tetapi sekarang komputer digunakan untuk bermain game, berbisnis dan lain-lain.
Bisnis merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian ataupun penjualan barang dan jasa. Kegiatan tersebut dilakukan secara berulang-ulang. Penjualan jasa ataupun barang yang hanya terjadi satu kali saja bukanlah merupakan pengertian bisnis. Keuntungan individu dan kelompok adalah aspek utama bisnis. Bisnis memiliki dua fungsi yaitu, fungsi mikro (konstribusi terhadap pihak yang berperan langsung), dan fungsi makro (konstribusi terhadap pihak yang tidak berperan langsung).
Pada bidang bisnis, biasanya sistem komputer digunakan untuk memproses gaji, data statistik, dan akunting (keuangan). Sistem komputer melakukan otomatisasi pekerjaan-pekerjaan rutin kantor. Banyak bisnis sudah menggunakan sistem komputer untuk pengawasan stok barang, membuat laporan keuangan, meramal, dan merencanakan bisnis masa depan. Bagi dunia bisnis, jejaring telekomunikasi awalnya digunakan seperti halnya jejaring listrik, distribusi air, dan jejaring utilitas lain. Ini merupakan sumber yang penting, tetapi dulu perusahaan memiliki pengaruh yang kecil. Perusahaan-perusahaan memiliki pilihan yang terbatas atas layanan yang diperoleh dari penyediaan layanan yang dikelola secara monopoli. (Siswanto, 2013).
Perkembangan komputer memiliki dampak positif dan negative pada dunia bisnis. Dampak positif adalah banyaknya minat dari berbagai perusahaan untuk memperluas cakupan bisnisnya di dunia maya. Munculnya lapangan kerja baru lapangan kerja baru, yaitu jasa pembuatan website dan layanan hosting. Munculnya model bisnis baru yang biasa disebut dengan e-business dan e-commerce. Adanya kemudahan sebuah bisnis dengan munculnya forum jual beli dan media pertemanan. Karena promosi menjadi lebih murah. Jaringan marketing lebih luas bahkan sampai luar negeri. Sementara, dampak negatif adalah munculnya jenis kejahatan kriminal baru berupa ancaman peretasan website yang bertujuan mencuri data-data perusahaan. Maraknya penipuan berkedok bisnis online. Munculnya bisnis-bisnis ilegal seperti judi online, human trafficking. Tergantinya peran manusia oleh komputer, yang berakibat bertambahnya pengangguran karyawan.(Wahyu, 2004).

Daftar Pustaka
Wahyu. 2004. Teknologi Komputer dalam Bisnis. Yogyakarta: BP STIE YKPN.

Siswanto. 2013. Perkembangan Komputer di Bidang Bisnis. Lampung: Aura Publishing.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © Bagus's Blog -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan